Tips Belajar Bahasa Asing Secara Otodidak

Belajar bahasa asing memang tidak mudah, apalagi kalau dari awal sudah ada bayangan akan susah untuk menguasai bahasa asing dalam waktu yang singkat. Cara yang paling mudah sebenarnya adalah mengambil kelas intensif langsung di negara yang menggunakan bahasa yang ingin kamu pelajari. Tapi kalau nggak ada modal, masih ada harapan kok.
Hal pertama sederhana saja, pelajari lewat buku basic-basicnya. Seperti pengejaan, grammar sederhana, penulisan (kalau tidak menggunakan huruf romawi), dll. Setelah itu latihan listening lah lewat internet. Dari youtube pun kamu bisa mencari latihan listening mulai dari yang sederhana. Kalau sudah merasa yakin, cobalah tonton acara TV atau film yang menggunakan bahasa tersebut. Semakin sering semakin skill kamu terasah. Lama-kelamaan vocabulary kamu akan semakin kaya, juga kamu akan lebih mengerti aturan grammar-grammar yang lumayan susah kalau dipelajari lewat buku. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi handphone untuk latihan, terutama yang memuat banyak fitur menarik sehingga kamu tidak menjadi cepat bosan dan merasa tertantang. Kemudian kamu bisa berkenalan dengan teman-teman native lewat internet. Kamu bisa membuat akun interpal dan semacamnya untuk melakukan hal ini. Kamu bisa bertukar info dan saling belajar satu sama lain. Kamu juga bisa coba-coba untuk mengasah skill berbicara kamu dengan mereka. Dan sebaliknya, mereka juga bisa latihan dengan kamu, jadi saling membantu. Satu hal yang paling penting adalah jangan malu dan jangan takut salah! Kalau kamu takut, kamu tidak akan bisa berkembang.

Nah itu dia tips untuk belajar bahasa tanpa harus mengeluarkan uang banyak sampai ke luar negeri. Jangan cepat menyerah kalau kamu merasa sedikit kesusahan dan ingat, kamu butuh latihan intensif! Semoga berhasil!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Got7 Mark Meal!

Best Convenience Store Food in Taiwan

Review Ichiro Ramen AEON